Oleh: Karya Faurizal Moechtar
Penulis adalah pemerhati budaya
Penulis adalah pemerhati budaya
Pada zaman Pemerintahan Sultan Iskandar Muda, hiduplah seorang musafir yang tiba dari Bugis di Samalanga. Orang-orang memanggilnya dengan sebutan Tok Banda. Beliau adalah seorang yang baik hati, pemurah, dan dermawan. Hari-hari Tok Banda bekerja sebagai petani di kawasan Kuta Blang Samalanga. Tok Banda menanam sayur-sayuran dan juga semangka. Jika ada orang yang meminta, Tok Banda akan memberikannya dengan satu syarat: Setiap peminta wajib mendoakan dengan bacaan, “Tok Banda beumeubahgia sampoe aneuk cuco (Tok Banda (semoga) berbahagia hingga anak cucu) .”
Bertahun-tahun beliau di Samalanga, sampai benar-benar diterima oleh masyarakat setempat.
Pada
suatu ketika, disaat Samalanga kekosongan pemerintahan, para pemuka
adat dari Samalanga yang dikenal dengan Hakim Peut Misee berkeinginan
bertemu dengan Raja Aceh (Sultan Iskandar Muda red). Perjalanan dari
Samalanga ke Aceh tersebut direncanakan menggunakan perahu, namun karena
para Hakim Peut Misee tidak ada yang mengerti ilmu navigasi, dengan
terpaksa mereka mencari orang yang lain sebagai navigator. Pada saat
itu Tok Banda lah yang dianggap mengerti ilmu tersebut, karena beliau
adalah seorang perantau yang datang dari Bugis dengan perahu.
Setelah
berhari-hari perjalanan dari Samalanga ke Aceh, tibalah mereka di
pelabuhan Ulee Lheu. Tok Banda ditinggalkan di pelabuhan sebagai penjaga
perahu, sementara para Hakim Peut Misee pergi menuju Meuligoe Raja
Aceh. Menurut sebuah versi, Raja Aceh yang ‘Troeh Mata’ sudah
menyiapkan 12 buah kursi untuk para tamunya dari Samalanga. Sultan
mempersilakan duduk tamu-tamunya, kemudian Sultan bertanya, “Padum droe
tajak?”
“Na siblah droe, yang Mulia,” jawab juru bicara Hakim
Peut Misee.” Sultan menimpali, “Yang betoi ta peugah.” Lalu dijawab
lagi oleh juru bicara Hakim Peut Misee, “Eu na sidroe teuk, si Tok Banda
tukang seut jalo, yang Mulia.” “Meunyoe menan ka get lah.” Raja
meng-iya-kan.
Kemudian Sultan memerintahkan punggawa kerajaan
untuk menjemput Tok Banda di Ulee Lheu. Sesampai di istana, Sultan
mempersilakan Tok Banda duduk di kursi yang kosong. Ternyata kursi yang
tersisa tersebut adalah kursi paling indah dan besar di antara 12 kursi
yang disiapkan oleh sultan. Para Hakim Peut Misee tidak berani
mendudukinya, meskipun mereka telah tiba dari awal.
Setelah
makan malam, Sultan bertanya, “”Peu na hajat, jioh-jioh troeh dari
nanggroe Samalanga?” Juru bicara Hakim Peut Misee menjelaskan, “Meunoe
yang meulia, kamoe troeh teuka jioh dari Samalanga menghadap baginda
yang mulia untuk meubie thee bahwa di Samalanga hana Ulee Balang. Oleh
karena nyan kamo meulakee bak Baginda yang mulia untuk neuteunyok salah
sidroe di antara kamo untuk neu-angkee sebago Ulee balang di
Samalanga”. “Get, .get,” sultan mengangguk-angguk. “Tapi, nyoe na saboh
hiem, soe nyang jeut peuglah hiem nyoe nyan keuh yang ta angkee sebagoe
ampon syik di Samalanga, “ pinta sultan.
Kemudian sultan
mengajukan dua pertanyaan sekaligus. “Meuseu bak saboh saat nanggroe
haroe-hara, nanggroe paceklik dan rakyat deuk, pue nyang jeut keu
tumpang kroeng dan pue nyang jeut keu ikat kroeng?” Berbagai macam
jawaban yang dijawab oleh Hakim Peut Misee. Ada yang menjawabab,
“Keutumpang kroeng bak bangka, keu ikat kroeng taloe jok.” Ada juga yang
menjawab, “Bak pineung ngon taloe iboeh”. Sementara itu Tok Banda
duduk, diam, dan berpikir.
Melihat Tok Banda tak berani menjawab
dan berbicara, sultan bertanya kepada Tok Banda, “Pakoen gata ta iem?
Pakiban jeunaweub jih meunurot gata?”. Dengan sigap Tok Banda menjawab,
“Nyang jeut keu tumpang kroeng na keuh boh bie, keu ikat kroeng na keuh
boh keupila, yang Mulia.” Ternyata jawaban Tok Banda benar, kemudian
Raja mengatakan, “Nyoe keuh pemimpin ureung droeneuh di nanggroe
Samalanga. Neupuwoe keudeh dan neu angkee sebago Ampon Chiek”.
Dalam
perjalan dari Aceh ke Samalanga, sampai ke Pante Raja Hakim Peut Sagoe
sepakat untuk membunuh dan menjatuhkan Tok Banda ke laut, kaena mereka
tidak puas dengan keputusan sultan. Berbulan-bulan Tok Banda terapung di
lautan sampai bersisik ‘timoh teuritep’. Akhirnya, Tok Banda ditemukan
oleh nelayan, kemudian diantar kembai ke istana raja. Tok Banda pun
tinggal di sana.
Empat tahun kemudian para Hakim Peut Misee
kembali datang bertemu Raja Aceh Sultan Iskandarmuda. Seperti pertemuan
empat tahun lalu, para Hakim Peut Misee menyampaikan perihal
kedatangannya. “Yang Mulia,Tok Banda kageutinggai kamo, gobnyan kageuwoe
bak Allah ,dan gobnyan hana keturunan. Oleh karena nyan, kamoe muelakee
bak baginda yang Mulia untuk neutunyoek laen genantoe Tok Banda,
seubago ulee Balang di Samalanga.”
Tiba-tiba,Tok Banda keluar
dari biliknya di istana dengan pakaian kebesaran Ulee Balang lengkap
dengan mahkota. Secara bersamaan Sultan mengatakan, “Ampon Chiek
Samalanga na sajan kamoe, neutuloeng puwoe seureta neu umumkan nibak
rakyat bahwa nyoekeuh Ampon Chiek nanggroe Samalanga.” Dengan rasa malu
yang sangat dalam para Hakim Peut Sagoe memita maaf dan
mengangguk-angguk. Menurut versi lainnya, Hakim Peut Misee dihukum
Pancung oleh Sultan Iskandar Muda. Inilah asal-usul Ampon Chiek
Samalanga versi masyarakat yang diturunkan secara turun temurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar